Ini Ujian atau Azab ?

Sumber: halawatulfikr.blogspot.com

Sumber: halawatulfikr.blogspot.com

Rupa-rupa manusia di dunia, dalam menghadapi musibah (baik besar maupun kecil) yang terjadi dalam kehidupannya. Baik yang saya saksikan secara nyata di depan mata saya; yang saya dengar dari rekan serta kerabat; dari televisi atau yang saya dengar di radio; hingga di social media online.

Menurut saya, ada 2 tipe musibah berdasarkan cara manusia menghadapinya:

(1). Manusia yang bila mendapat musibah berusaha sabar, mencoba memperbaiki kesulitannya, tidak putus asa, terus mendekatkan diri pada Allah, memohon ampun dan perlindungan hanya kepada Allah, semakin kuat ibadah serta keyakinannya kepada Allah dan mempercayai bahwa disetiap musibah ada hikmah dan kemudahan yang semua datangnya dari Allah. Itu namanya UJIAN.

(2). Manusia yang bila mendapat musibah justru menyalahkan keadaan, atau bahkan menyalahkan Allah, berputus asa, menggerutu, menggunjing, dengki, dendam, buruk prasangka, memohon jalan keluar dan perlindungan kepada selain Allah, kendur ibadahnya bahkan tidak sama sekali, sehingga semakin jauh dari Allah. Itu namanya AZAB.

Begitulah, setidaknya itu menurut saya. Semoga Allah selalu ada di hati kita, melindungi dan membimbing kita dalam kebaikan sehingga kita senantiasa diliputi keberkahan dan kasih sayang Allah SWT.

Aamiiin Yaa Robbal ‘Aalamiiin.

Jangan kau katakan:
“Ya Allah, aku mempunyai masalah yang besar”.
Tapi, katakanlah:
“Wahai masalah, aku mempunyai Allah yang Maha Besar”.

Salam,

AW

First published on 3/2/2015, 1:50 WIB